Search

Tinjaun Medis tentang Anjuran Berbuka dengan yang Manis-manis - BatamClick.com

BATAMCLICK.COM, Tentunya, kita sudah tidak asing lagi dengan anjuran Berbuka Dengan Yang Manis-manis. Memang benar, anjuran ini berdasarkan sebuah hadis dari Rasulullah saw.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra ia berkata, “Rasulullah saw berbuka puasa dengan beberapa Kurma matang dan basah sebelum melangsungkan salat. Jika tidak ada Kurma basah, Rasulullah saw berbuka dengan Kurma kering. Bila tidak ada Kurma kering, ia meminum beberapa teguk air.” (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi).

Berdasarkan hadis di atas, para ulama sepakat bahwa Kurma adalah representasi makanan yang rasanya manis.

Oleh karena itu, jika kita tidak mendapatkan Kurma maka bisa diganti dengan makanan lainnya yang juga memiliki rasa manis.

Sebenarnya, apa sih manfaat mengonsumsi makanan yang manis-manis itu?

Menurut berbagai penelitian, dalam kondisi berpuasa tubuh akan kehilangan banyak energi karena tidak mendapat asupan makanan atau minuman selama kurang lebih 13 jam.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick sebagaimana dilansir dari Nutrition.org.uk.

Ia mengatakan, kandungan manis dari makanan dapat memulihkan kembali kadar insulin, sehingga dapat dengan cepat mengembalikan energi.

“Tetapi mesti diingat bahwa tetap ada batasan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Yaitu lima persen dari total jumlah asupan kalori,” terang Dr Kaseem.

Begitu pula yang dikatakan oleh para ahli gizi bahwa makanan yang manis dapat memulihkan kadar glukosa darah dengan cepat.

Manfaat makanan yang manis-manis itu bisa kita peroleh dari aneka makanan seperti buah-buahan, madu, sirup dan lain sebagainya.

Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa dalam berbuka, kita tidak boleh berlebihan apalagi sampai balas dendam.

Sebab salah satu hikmah dari kita berpuasa adalah melatih kesabaran serta melatih badan dan jiwa kita agar tahan terhadap berbagai kondisi.

Wallahu a’lam.[]

Sumber: akurat.co

Hosting Unlimited Indonesia

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
April 28, 2020 at 10:05PM
https://ift.tt/2YbS44m

Tinjaun Medis tentang Anjuran Berbuka dengan yang Manis-manis - BatamClick.com

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tinjaun Medis tentang Anjuran Berbuka dengan yang Manis-manis - BatamClick.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.