Search

Dianjurkan Dalam Agama untuk Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ternyata Bukan Makanan dan Minuman yang Rasan... - Grid Pop

Resep Sop Buah Segar, Minuman Andalan Sebagai Menu Buka Puasa

Sajian Sedap

Resep Sop Buah Segar, Minuman Andalan Sebagai Menu Buka Puasa

GridPop.ID - Ketika kita seharian berpuasa, tentunya badan kita akan merasa lemas.

Hal ini dikarenakan energi kita terkuras dan tidak mengkonsumsi makanan selama beberapa jam.

Rasa lemas saat puasa disebabkan tubuh yang menguras banyak energi, oleh karenanya umat muslim disarankan untuk makan saat sahur dan berbuka dengan yang manis.

Kendati demikian, saat buka puasa kita tetap harus mengutamakan konsumsi cairan tubuh tanpa perasa ketimbang langsung menyantap hidangan manis.

Baca Juga: Tak Usah Panik, Ikatan Dokter Indonesia Sampaikan Bahwa Tanpa Bantuan Medis Pasien Positif Covid-19 Bisa Sembuh dengan Sendirinya dan Virus Akan Hilang dalam Jangka Waktu Tertentu

British Nutrition Foundation merekomendasikan buka puasa yang baik harus dimulai dengan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Caranya dengan meminum setidaknya dua gelas air putih (500 ml).

Setelah itu, kita baru boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gula untuk memulihkan energi.

Makanan dan minuman manis saat buka puasa identik dengan teh manis, kolak bersantan, kolang-kaling manis, hingga es campur.

Meski terasa nikmat dan segar, tetapi perlu diingat bahwa kandungan pada makanan tersebut tidak terlalu baik jika dikonsumsi berlebihan dan tidak terkontrol.

Baca Juga: Pilih Makan Mi Instan Ketika Melancong ke Singapura, Ternyata Ayu Ting Ting Malah Kepergok Pakai Perhiasan Seharga Rp 400 Juta saat Sibuk di Dapur!

Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr. Ari Fahrial Syam, menyebut banyak orang keliru menginterpretasikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis’.

“Berbuka dengan yang manis tapi jangan berlebihan, apalagi kalau manisnya berasal dari gula,” kata dr. Ari, dikutip dari dokter sehat, Rabu (25/8/2010).

Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Baca Juga: Petik Hikmah Bulan Ramadhan, Mbah Mijan Ramalkan Virus Corona Bakal Lenyap Jika Manusia Lakukan Ibadah Puasa: Mari Hadapi 'Pageblug' Ini Bersama-sama!

Namun, kita perlu memilih asupan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh.

Dr Ari mengatakan bahwa kandungan karbohidrat yang ada di dalam makanan dan minuman manis seperti teh manis, kolak bersantan, dan sebagainya bersifat sederhana.

Artinya, makanan dan minuman manis tersebut sangat mudah dipecah dan dicerna menjadi gula darah. Sehingga apabila gula dikonsumsi secara berlebih, maka gula darah akan melonjak dalam tubuh dan membuat orang mudah mengantuk, lemas dan menimbun lemak.

Baca Juga: Ditinggal Nikah Mantan Kekasihnya, Luna Maya Akhirnya Buka Bicara Setelah Sekian Lama Bungkam Tentang Pernikahan Reino Barack dan Syahrini: Aku Gak Bisa Apa-apa kan? Nggak Mau Berlarut-larut!

Sementara, dr. Ari menjelaskan bahwa kandungan karbohidrat dalam buah, seperti kurma merupakan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks akan lebih lambat dipecah atau dicerna menjadi gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil atau tidak mengalami fluktuasi yang tinggi.

Selain itu karbohidrat kompleks juga sangat membantu proses metabolisme energi tubuh.

Baca Juga: Tajir dari Lahir, Nagita Slavina Kepergok Pakai Barang Super Mahal Ini Saat Masih Duduk di Bangku SMA, 3 Sosok Ini Sampai Syok Bukan Main: Gila!

Oleh karenanya, dr. Ari menyarankan agar kita tidak mengonsumi makanan atau minuman manis yang berasal dari gula secara berlebihan, baik pada saat buka puasa maupun sahur.

Hal ini dikarenakan makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa lapar lebih cepat pula.

Sebaliknya, Dr Ari merekomendasikan untuk mengonsumsi rasa manis dari gula yang kompleks yang berasal dari buah-buahan, seperti kurma, madu atau gula aren.

(*)

Baca Juga: Review Usaha Kuliner Peyek Ivan Gunawan, Nikita Mirzani Terang-terangan Ogah Cicipi dan Sindir Produk Artis Lain yang Serupa: Najis, Gak Usah Kirim Peyek Lain!

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul: Buka Puasa dengan yang Manis, Maksudnya Bukan dengan Makanan dan Minuman Rasanya Manis, Tapi dengan Ini

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
April 24, 2020 at 04:15AM
https://ift.tt/2VyLzqQ

Dianjurkan Dalam Agama untuk Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ternyata Bukan Makanan dan Minuman yang Rasan... - Grid Pop

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dianjurkan Dalam Agama untuk Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ternyata Bukan Makanan dan Minuman yang Rasan... - Grid Pop"

Post a Comment

Powered by Blogger.