Search

7 Makanan Manis yang Mengintai Kesehatan Saat Puasa Ramadhan, Hati-hati! - Dream

Apabila kamu makan berlebihan makanan manis, akan meningkatkan risiko obesitas, jantung, dan penuaan kulit.

Dream – Makanan-makanan manis memang bisa membantumu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Namun ingat, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Apalagi jika kamu menderita penyakit tertentu.  

Untuk kamu yang memiliki penyakit obesitas, jantung, dan penuaan kulit, makanan manis hanya akan meningkatkan risiko dari kesehatan kamu.

Memang saat kamu melihat makanan dan minuman manis di meja saat hendak berbuka, pasti terlihat menggirukan sekali. Seakan akan ingin menghabiskannya sekaligus.

Jangan keburu-buru menghabiskannya guys, karena sebelumnya kamu perlu ketahui dahulu bahayan makanan manis, supaya makanmu tidak berlebihan. Dream berhasil merangkum 7 bahaya makanan manis yang mengutip dari SehatQ. Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Bikin Kulit Jadi Berjerawat

Makanan manis biasanya makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Karbihidrat ini akan memicu kenaikan kadar gula darah dan hormone insulin dalam tubuh. Sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Peningkatan hormon insulin ini akan memicu produksi hormon androgen dan produksi minyak berlebihan di wajah. Selain itu juga memungkinkan terjadinya peradangan meningkat yang berperan dalam terbentuknya jerawat.

Makanan Manis Memicu Penuaan Dini

Bahaya makanan manis selanjutnya adalah memicu penuaan dini. Terlalu banyak konsumsi gula akan meningkatkan risiko penuaan dini. Gula yang dikonsumsi akan menempel pada protein di dalam darah.

Nah kedua komponen itulah yang dapat membentuk molekul yang berbahaya bagi kulit, yaitu dapat memicu penuaan dini. Molekul itu dapat merusak kolagen, serta elastin yang ada di kulit.

Padahal kolagen dan elastin berfungsi menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Rusaknya kedua komponen itu akan membuat kulit kendur dan keriput.

2 dari 4 halaman

Risiko Sakit Jantung dan Kerusakan Hati

 Ilustrasi© Pexels

Sumber: pexels.com

Risiko sakit jantung menjadi salah satu bahaya makanan manis yang harus kamu waspadai. Karena makan manis akan menyebabkan obesitas dan peningkatan kadar kolesterol serta trigliserida.

Ternyata faktor-faktor itulah yang menyebabkan risiko utama penyakit jantung. Kemudian, konsumsi makanan manis yang berlebihan juga sering dikaitkan dengan aterosklerosis, adalah gangguan jantung yang disebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri di jantung oleh lemak.

Kenaikan Berat Badan

Gula yang banyak dikonsumsi akan menyebabkan kenaikan berat badan. Seseorang yang suka makanan dan minuman manis umumnya memiliki berat badan berlebih dan berisiko terkena diabetes tipe-2.

Memicu Kerusakan Hati

Bahaya makanan manis yang perlu kamu waspadai selanjutnya adalah penumpukan lemak di hati. Kebiasaan buruk makan makanan manis membuat hati menjadi resisten terhadap hormone insulin, yang berfungsi mengubah gula dalam darah menjadi energi. Sehingga berisiko membuat risiko tinggi terkena diabetes tipe-2.

3 dari 4 halaman

Berisiko Terkena Gangguan Ginjal

Konsumsi gula berlebih pada penderita diabetes akan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan ginjal. Kerusakan ginjal dapat berkembang menjadi penyakit gagal ginjal.

Mempengaruhi Kesehatan Seksual

Kandungan gula dalam darah dapat menjadi salah satu penyebab impotensi pada pria. Karena kadar gula yang berlebih ini mempengaruhi sistem sirkulasi yang mengontrol aliran darah.

Karena di saat ereksi, seorang pria membutuhkan aliran darah yang lancer. Konsumsi gula berlebih dapat menghambat proses ini.

Itulah 7 bahaya makanan manis yang mengincar kesehatan saat puasa Ramadhan. Perhatikan asupan gula, dan juga perhatikan makanan yang kamu konsumsi ketika buka puasa dan sahur. Pastikan tidak berlebihan ya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Gula Harian

 Ilustrasi© Pexels

Sumber: Pexels.com

Dikatakan konsumsi gula berlebih jika asupan gula harian kamu melebihi 150 kalori, atau setara 9 sendok teh. Jika kamu membeli produk makanan kemasan, maka sebaiknya lihatlah berapa jumlah takaran gulanya.

Lebih waspadalah kamu dalam memilih dan memerhatikan makanan yang kamu makan, terutama ketika buka puasa dan sahur. Lebih baik konsumsilah gula alami yang berasal dari buah-buahan. Konsumsi juga sayuran, serta sumber protein lainnya untukmendapatkan gizi seimbang, supaya puasamu lancer tanpa gangguan kesehatan.

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
April 27, 2020 at 07:12AM
https://ift.tt/3eTEKrl

7 Makanan Manis yang Mengintai Kesehatan Saat Puasa Ramadhan, Hati-hati! - Dream

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Makanan Manis yang Mengintai Kesehatan Saat Puasa Ramadhan, Hati-hati! - Dream"

Post a Comment

Powered by Blogger.