Search

Berbuka dengan yang Manis Makin Legit dengan 'Onde-onde', Klepon ala Sumatera Barat - Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selamat berpuasa bagi Anda yang menjalankan. Semoga lancar puasanya dan jangan lupa tetap 'stay tune' dengan resep-resep makanan dan minuman hingga takjil untuk berbuka puasa di portal kesayangan Anda Harianhaluan.com. Karena nantinya Anda akan mendapatkan refesensi setiap harinya untuk menu berbuka puasa.

Nah, kali ini apa sudah punya ide untuk takjil berbuka puasa di hari pertama? Jika belum, coba buat menu takjil 'onde-onde' yang manis dan gampang di rumah. Anda cukup menyiapakan bahan-bahan yang sederhana dan gampang didapatkan. Onde-onde atau klepon merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung ketan. Onde-onde, demikian biasa disebut orang bagian Sumatera, memiliki tekstur manis dan kenyal yang dibaluri kelapa parut dan gula pasir.

Di Minangkabau, onde-onde biasanya disantap saat pelaksanaan acara-acara tertentu sebagai menu makanan penutup. Namun saat ini onde-onde bisa dibuat ataupun ditemukan setiap hari.

Karena berbuka bagusnya dengan yang manis-manis, berikut bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat si kecil bulat yang manis tersebut.

Bahan utama: 
    ⁃    200 gr tepung ketan putih
    ⁃    190-200 ml air hangat
    ⁃    Air pandan (atau bisa diganti dengan pasta pandan)
    ⁃    Secukupnya gula jawa serut halus

Bahan kelapa parut:
    ⁃    50 gr kelapa parut kering
    ⁃    Sejumput garam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan campur tepung ketan dan air hangat dan tambahkan dengan air pandan. Jika Anda tidak memiliki daun pandan bisa diganti dengan pasta pandan. Aduk rata dan uleni ringan dengan tangan, hentikan menuang air jika adonan sudah terasa tidak keras dan bisa dibentuk.

Kemudian, ambil sedikit adonan, bulatkan, lalu lubangi, dan taruh gula merah, dan bulatkan lagi. Lakukan hingga adonan habis. 
Selanjutnya, panaskan air dan rebus dalam air mendidih, jika sudah mengapung biarkan dulu kira-kira 3 menit agar bagian dalam juga benar-benar matang.

Jika sudah mengapung, angkat dan langsung gulingkan di kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam. Lakukan hingga selesai, kemudian plating di piring dan taburkan gula pasir sesuai selera. Onde-onde manis siap disantap saat berbuka puasa. Selamat mencoba! (*)

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
April 24, 2020 at 10:54AM
https://ift.tt/2zs9C1Z

Berbuka dengan yang Manis Makin Legit dengan 'Onde-onde', Klepon ala Sumatera Barat - Harianhaluan.com

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berbuka dengan yang Manis Makin Legit dengan 'Onde-onde', Klepon ala Sumatera Barat - Harianhaluan.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.