Search

Kerinci Kekurangan Bibit Kayu Manis - Jambi Independent Online

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KERINCI - Petani Kerinci masih kekurangan bibit kayu manis unggulan. Karena tahun 2019 ini, pemerintah kabupaten Kerinci hanya mampu melepas bibit kayu manis untuk 20 hektar lahan atau sekitar 40 ribu batang bibit. Hal ini disampaikan Bupati Kerinci, Adirozal usai menyerahkan bantuan bibit kayu manis kepada petani secara simbolis, di lapangan Kantor Bupati Kerinci. 

Dikatakan bupati Kerinci, bahwa sebenarnya pemerintah punya program penanaman pohon kulit manis di sepanjang jalan. Namun belum bisa dilaksanakan karena terkendala sulitnya  mendapatkan bibit dalam jumlah banyak.

"Saat ini pun sulit dapatkan bibit kulit manis, untuk menutupi kekurangan petani harus mencari bibit kulit manis di semak belukar. Sebenarnya tidak boleh, karena seharusnya bibit unggul, tapi kita kekurangan. Sedang pemerintah tidak cukup dana menyiapkan ribuan bahkan ratusan ribu bibit kulit manis. Tahun 2019 ini, hanya 40 ribu bibit yang sudah dilepas ke petani," ujarnya

Untuk program penanaman kulit manis di pinggir jalan, belum terlaksana karena masih menunggu kebutuhan petani. Jika sudah terpenuhi, baru dilaksanakan penanaman di sepanjang jalan.

"Saat ini belum dulu," kata Adirozal.

Lanjutnya, jika bibit sudah terpenuhi, maka baru diusahakan. Digenjot apabila di kebun-kebun sudah tercukupi.

"Untuk bibit seharusnya yang sudah bersertifikat di Lempur, tapi masih kekurangan," terangnya 

Efrawadi, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kerinci mengatakan, tahun ini ada sekitar 40 ribu batang bibit kulit manis yang sudah diberikan ke petani.

"Bibit kulit manis yang diberikan, merupakan bibit kulit manis yang sudah dilepas prioritasnya. Tahun depan bantuan bibit kayu manis tahun 2020 ada untuk 200 hektar," jelasnya. (sap/enn)

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
December 06, 2019 at 10:16AM
https://ift.tt/2PlsBiO

Kerinci Kekurangan Bibit Kayu Manis - Jambi Independent Online

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kerinci Kekurangan Bibit Kayu Manis - Jambi Independent Online"

Post a Comment

Powered by Blogger.