Search

Musim Hujan, Ini 7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh - Suara.com

Suara.com - Musim Hujan, Ini 7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Musim hujan di bulan Desember hingga ke depannya, tentu penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan tetap hangat. Minum teh kayu manis jadi minuman yang menawarkan sejuta manfaat bagi tubuh, selain tentuny menghangatkan.

Sebab, kayu manis sendiri mengandung cinnamaldehyde, senyawa organik yang dipercaya bertanggung jawab atas khasiat rempah-rempah tersebut. Salah satunya adalah potensi untuk memudahkan Anda menurunkan berat. Penasaran, apa saja manfaat teh kayu manis untuk kesehatan kita?

Meracik minuman ini mudah. Anda hanya perlu menyelupkan batang kayu manis atau melarutkan serbuknya ke air panas. Sudah siap dengan cangkir teh Anda? Yuk, baca lebih jauh tentang manfaatnya dilansir Hello Sehat.

1. Kaya antioksidan

Teh kayu manis mengandung banyak antioksidan, komponen bermanfaat yang membuat Anda tetap sehat.

Antioksidan dalam tubuh melawan stres oksidasi yang disebabkan dari radikal bebas. Artinya, asupan antioksidan yang mencukupi dapat membantu Anda meminimalisir risiko dari penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Kayu manis kaya dengan antioksidan polifenol. Sebuah penelitian yang ditampilkan Healthline menyebutkan bahwa kebaikan antioksidan yang terkandung dalam kayu manis hanya kalah dengan cengkeh dan oregano.

2. Menurunkan peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukan bahwa senyawa dalam kayu manis bisa menurunkan tanda-tanda peradangan. Ini bisa menjadi manfaat teh kayu manis bagi tubuh karena peradangan merupakan akar dari berbagai penyakit, termasuk jantung.

Para ahli juga menyebutkan bahwa kayu manis bisa mengurungi tekanan darah, trigliserida, hingga kolesterol jahat pada sebagian orang. Manfaat teh kayu manis lainnya adalah menambah kadar kolesterol baik yang bisa menyehatkan jantung dengan menyingkirkan kelebihan kolesterol di pembuluh darah Anda.

Beberapa studi melaporkan bahhwa jika Anda mengonsumsi 120 mg atau kurang dari 1/10 sendok teh setiap hari, Anda sudah bisa menyerap manfaat tersebut.

3. Mengurangi gula darah

Kayu manis dilaporkan dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Rempah-rempah ini menunjukkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh insulin, hormon yang bertanggung jawab mengatur kadar gula dalam pembuluh darah dan jaringan tubuh Anda.

Senyawa dalam kayu manis juga bisa mengurangi kadar gula darah dengan menurunkan resistensi insulin. Hal ini bisa menaikkan efektivitas kerja insulin dalam tubuh. Lebih lanjut, kayu manis bisa memperlambat pemecahan karbohidrat dalam usus Anda untuk mencegah kadar gula setelah makan.

4. Mengurangi berat badan

Manfaat teh kayu manis disebut-sebut mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara konsumsi kayu manis dengan penurunan kadar lemak di lingkar pinggang.

Meskipun begitu, masih sedikit penelitian yang benar-benar membahas soal asupan kalori hingga gagal membedakan antara kehilangan massa lemak atau otot. Ini membuat anggapan soal hubungan penurunan berat badan dengan kayu manis sulit dinilai.

5. Melawan bakteri dan jamur

Kayu manis mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Penelitian menyebutkan bahwa kandaungan cinnamaldehyde, komponen aktif utama di kayu manis, bisa mencegah pertumbuhan beberapa bakteri dan jamur.

Lebih lanjut, komponen antibakteri pada kayu manis juga membantu mengurangi bau mulut dan kerusakan gigi. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

6. Mengurangi kram dan gejala PMS lainnya

Manfaat teh kayu manis lainnya berhubungan dengan aktivitas menstruasi pada perempuan. Salah satunya adalah mengurangi gejala nyeri menstruasi (PMS).

Sebuah penelitian melakukan percobaan pada beberapa perempuan yang diberikan 3 gram kayu manis atau plasebo setiap hari pada tiga hari pertama siklus menstruasi mereka. Perempuan yang mengonsumsi teh kayu manis ternyata mengalami pengurangan rasa sakit saat menstruasi daripada mereka yang meminum plasebo.

Kayu manis juga bisa mengurangi volume darah menstruasi, serta frekuensi muntah dan mual saat menstruasi.

Selain enam manfaat yang disebutkan di atas, teh kayu manis juga disebut bermanfaat untuk mendegah penuaan kulit, mengandung antikanker, membantu mempertahankan fungsi otak, membantu melawan HIV, dan mengurangi jerawat. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
December 18, 2019 at 01:29PM
https://ift.tt/34tIUQh

Musim Hujan, Ini 7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh - Suara.com

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Musim Hujan, Ini 7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.