Search

Kuliner Malam Jumat: Kenikmatan Pedas Manis Seafood yang Yahud - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras kian sering mengguyur Jakarta menjelang pergantian tahun. Kondisi ini tidak menyurutkan semangat para pelaku bisnis kuliner untuk memenuhi permintaan pelanggan yang datang dengan perut lapar.

Kesibukan menyiapkan sajian juga terlihat dari deretan rumah makan di Jalan Percetakan Negara Raya, Jakarta Pusat. Satu di antaranya adalah Seafood 40 Lamongan Sagita yang berada tepat di seberang sebuah minimarket dan bank.

Pemilik rumah makan, Sagita dan Suswati, awalnya berjualan pecel lele di Pasar Johar Baru. Lalu, perjalanan mereka terjun ke bisnis sajian seafood dimulai ketika salah seorang tetangga mereka di pasar yang kala itu jualan aneka makanan laut, tidak melanjutkan usahanya.

"Karyawannya ada yang nawarin buka seafood dan dia yang masak, akhirnya buka seafood," kata Suswati kepada Liputan6.com di Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin, 23 Desember 2019.

Lokasi Seafood 40 Lamongan Sagita kini di Percetakan Negara, dahulunya adalah bekas bengkel. Awalnya, mereka berjualan setelah bengkel tutup sekitar pukul 17.00.

"Akhirnya belum ada setahun, bengkel mundur katanya bengkel sepi mau cari tempat lain, lalu kita teruskan sejak 2009," tambah Suswati.

Rumah makan ini menyediakan beragam sajian seafood mulai dari udang, cumi-cumi, kerang, aneka ikan seperti lele, mujair, patin, gurame, bawal, baronang, kerapu, kakap, dan masih banyak lagi.

Penyajiannya ada yang digoreng untuk udang, cumi-cumi, tempe, ampela, dan lainnya. Untuk sajian yang direbus ada kerang hijau, kerang dara, kerang bulu, kerang tahum dan udang.

Kepiting ada empat pilihan yakni jantan, telur, ranjungan, hingga sop. Sementara, masak dengan saus juga ditawarkan dengan saus tiram, saus padang, asam manis, ada pula goreng mentega, rica-rica, dan lada hitam.

"Favoritnya di sini sausnya saus tiram bumbunya, paling favorit banget udang, cumi, kepiting," lanjut Wati, begitu ia akrab disapa.

Harga sajian juga beragam, mulai dari kepiting Rp50 ribu--Rp100 ribu, udang saus Rp30 ribu, cumi saus Rp35 ribu, kangkung Rp10 ribu--Rp22 ribu.

2 dari 3 halaman

Buka hingga Dini Hari

Seafood 40 Lamongan Sagita buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga 03.00 WIB. Namun, ada waktu-waktu tertentu, rumah makan ini dipadati pengunjung.

"Paling ramai malam Sabtu, malam Minggu, dan malam Senin," kata Wati.

Bukan tanpa alasan pula ketika rumah makannya buka hingga dini hari. "Karena peminatnya mulai sore hari. Pernah buka siang tapi kurang," tambahnya.

Persiapan sebelum membuka rumah makan telah dimulai sejak pagi hari. Mulai dari mengambil ikan pesanan hingga berbelanja ke pasar.

"Persiapan dari jam 6 pagi. Jam 7 ke pasar aku sama anak buah yang ke pasar belanja. Belanja ikan tinggal pesan, jam 4 pagi tinggal ambil. Kita tinggal belanja bahan-bahan ada saus, minyak, sembakonya," ungkap Wati.

Sementara, aneka seafood yang tersedia di Seafood 40 Lamongan Sagita merupakan favorit para pengunjung. "Karena banyak peminatnya. Kepiting malah lebih banyak lagi," tambahnya.

Selain itu, rumah makan ini juga menawarkan sayur seperti aneka olahan kangkung dan capcai.

"Ada sayur kangkung dan capcai, yang paling suka kangkung. Ada kangkung polos, jamur, udang, cumi, ayam, seafood dan super," kata Wati.

Wati melanjutkan, biasanya yang kerap datang ke rumah makannya adalah rombongan, baik yang datang bersama keluaga, anak-anak kuliah, hingga para pekerja.

Kami menerima kontribusi konten untuk rubrik Kuliner Malam Jumat, yaitu tempat kuliner yang cukup dikenal, punya ciri khas, dan masih buka pada malam hari. Konten harus berupa tulisan, foto dan video berdurasi sekitar 3 menit.

Tulisan berupa cerita mendalam tentang tempat kuliner malam yang diangkat sekitar 1.000 sampai 1.500 kata, foto minimal lima buah, dan video. Format konten video bisa dilihat dari video Kuliner Malam Jumat yang sudah ditayangkan.

Hasil liputan dikirim ke email: dinny.mutiah@kly.id. Tersedia hadiah menarik bagi yang karya terpilih. Untuk pertanyaan lebih detil tentang konten liputan Kuliner Malam Jumat, bisa ditanyakan melalui alamat e-mail yang sama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
December 26, 2019 at 09:01PM
https://ift.tt/2SsqE7J

Kuliner Malam Jumat: Kenikmatan Pedas Manis Seafood yang Yahud - Liputan6.com

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kuliner Malam Jumat: Kenikmatan Pedas Manis Seafood yang Yahud - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.