Search

Nikmatnya Rawon, Asal Muasal Makanan Khas Jawa Yang Manis | Lifestyle - Arah

Makanan tradisional indonesia rawon (istimewa)

Arah - Pasti pada Sudah Tahu Kuliner Khas dengan kuah hitam yang cita rasanya menimbulkan rasa yang campur-campur seperti manis, pedas dan agak sedikit asam, makanan itu ialah Rawon.

Pengertian dari rawon itu ialah masakan tradisional dari indonesia yang berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Rawon sendiri dikenal sebagai masakan khas jawa timur tidak hanya itu makanan itu juga dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Tetapi mengenai sejarah rawon ini masih belum jelas asalnya dari mana. Tetapi banyak orang yang memperkirakan bahwa rawon itu makanan yang di makan oleh raja-raja zaman dulu yang awal bermula dari makanan rakyat.

Rawon sendiri sekarang sudah menjadi makanan favorit, banyak disukai oleh masyarakat. Bahkan rawon sekarang sudah sangat terkenal hingga mancanegara, di luar negeri rawon disebut sebagai black soup. Dengan ciri khasnya yaitu kuah hitamnya ternyata warna tersebut berasal dari kluwek.

Pada umumnya makanan rawon terdiri dari daging dan kuah hitam yang sangat pas jadi lauk lezat menggugah selera. Namun pada saat ini rawon disajikan dengan sesuai selera masing-masing. Bagi yang menyukai cita rasa pedas, rawon pun bisa disajikan dengan rasa yang pedas. Maka tak heran jika kini tempat makan banyak yang menawarkan rawon setan yang memiliki cita rasa pedas.

Rawon pun sudah di modifikasi sedemikian rupa. Kini rawon banyak wujudnya dengan diimbuhi embel-embel nama dan lokasi. Ada rawon Surabaya, rawon Blora, rawon dengkul, rawon Malang, rawon Setan, rawon Nguling, dan masih banyak lagi penyebutan dengan embel-embel memakai nama dan lokasi. Bahkan Di Singapura dan Malaysia sudah ada yang berjualan rawon disana.

Baca Juga: Enak Tips Ibadah Umroh Membawa Anak
Diberlakukan 18 April 2020, Ini Tujuan Aturan Pengendalian IMEI

Tetapi harus dingat hanya satu yang tidak akan diubah dari makanan rawon adalah harus menggunakan daging sapi (khusus untuk rawon) atau bagian buntut sapi dan tidak pernah diganti dengan daging ayam atau ragam sari laut lainnya.

Ciri khas rawon yang biasa disajikan bersama dengan nasi itu ialah imbuhan sambal rawon. Ibarat jodoh, rawon tidak akan pernah lengkap tanpa bahan-bahan seperti tauge pendek, bawang goreng, dan tidak ketinggalan yaitu kerupuk, baik kerupuk udang maupun kerupuk yang putih. Rasa kuah yang manis akan membuat makanan yang terkenal dengan sup hitam ini menjadi lauk yang sangat lezat.

Harum aromanya yang sangat amat khas karena dibubuhi bumbu yang khusus yaitu keluak. Sebab dari bumbu inilah, sup hitam yang menjadi ciri khas rawon menjadi gurih dan sedap.

#Makanan Tradisional #Pulau Jawa #Jakarta

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
December 09, 2019 at 02:44PM
https://ift.tt/2DW1wOa

Nikmatnya Rawon, Asal Muasal Makanan Khas Jawa Yang Manis | Lifestyle - Arah

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nikmatnya Rawon, Asal Muasal Makanan Khas Jawa Yang Manis | Lifestyle - Arah"

Post a Comment

Powered by Blogger.