Search

Desa Mandiri Dapat Kado Manis dari Sri Mulyani, Apa Itu? - detikFinance

Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan memberikan kado manis bagi desa mandiri. Kado manis itu merupakan proses pencairan alokasi dana desa yang dilakukan menjadi dua tahap saja dan mulai diberlakukan pada 2021.

Saat ini penyaluran dana desa disalurkan sebanyak tiga tahap, yaitu 40%, 40%, 20% sebelumnya 20%, 40%, 40%, yang mulai disalurkan pada bulan Januari.

Daerah berkinerja baik dilakukan dalam dua tahap 60%, 40%, sedangkan pada tahun 2021 skema dua tahap tersebut diberikan kepada Desa berstatus Mandiri," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Kementerian Keuangan mengalokasikan dama desa sebesar Rp 72 triliun di tahun 2020. Dengan skema yang baru, maka tiap desa akan mendapatkan dana sekitar Rp 384,24 juta pada tahap I. Sedangkan pada skema yang lama hanya mendapatkan Rp 186,78 juta.

Dengan pengubahan skema ini, Sri Mulyani juga berharap akan banyak desa yang berubah status menjadi mandiri. Berdasarkan PMK Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Desa mandiri merupakan status desa hasil penilaian yang dilakukan setiap tahun dan ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam Indeks Desa.

Mengenai proses transfer, Sri Mulyani menyebut skemanya diubah dengan langsung ke Rekening Kas Desa (RKD) dari yang sebelumnya ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

"Dari pola penyalurannya, dari RKUN ke RKD melalui RKUD. Kita langsung ke dana desa tapi lewat RKUD. Dulu account Kemenkeu hanya kepada account daerah, tidak salurkan ke desa. Sekarang dari RKUN ke RKD melalui RKUD. Tapi masuknya ke desa tersebut. Hampir mirip dalam BOS," ungkap dia.

Simak Video "Sri Mulyani soal Banjir: Kita Berupaya Agar Kerugian Bisa Diminimalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)

Let's block ads! (Why?)



"manis" - Google Berita
February 10, 2020 at 09:15PM
https://ift.tt/38gVpS2

Desa Mandiri Dapat Kado Manis dari Sri Mulyani, Apa Itu? - detikFinance

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Desa Mandiri Dapat Kado Manis dari Sri Mulyani, Apa Itu? - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.